Jangan Asal Gas, Begini Tips Menerobos Banjir Saat Melintas di Serang

Naufal Shafly,Dia Saputra - Rabu, 2 Maret 2022 | 12:44 WIB

Kemacetan terjadi di jembatan di Jalan Petir-Serang, Selasa (1/3/2022) pagi. (Naufal Shafly,Dia Saputra - )

GridOto.com - Akibat diguyur hujan berintensitas tinggi, sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Serang dilanda banjir pada Rabu (02/03/2022).

Akibatnya sejumlah ruas jalan di Serang banyak yang terendam, tapi beberapa titik masih bisa dilalui.

Untuk pengguna mobil yang hendak menerobos genangan banjir saat melintas di Serang, lebih baik simak nih pesan pakar safety driving.

Menurut Andry Berlianto, Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk menerobos banjir.

"Pertama, waspadai level ketinggian air dengan melihat kendaraan lain yang sedang melintas lebih dulu," buka Andy.

Selanjutnya, ia menyarankan pengemudi untuk memperhatikan ketinggian filter udara pada kendaraan.

"Waspadai ketinggian filter udara, jangan sampai tersusupi air," tukasnya.

Bila memang dirasa aman dan memutuskan menerobos banjir, berjalanlah dengan perlahan dan konstan agar tidak menimbulkan ombak yang dapat mengganggu pengguna jalan lain.

"Jangan memaksa menerobos jika tidak yakin. Matikan pendingin udara (AC) agar kekuatan mesin bisa lebih optimal dan gunakan gigi 1," tukas Andry.

Baca Juga: Banjir di Kota Serang Bikin Kewalahan, Mulai dari Bus Mogok Hingga Pemotor dan Kendaraan Lain Nekat Terobos Genangan Air

Setelah melewati titik banjir pengemudi disarankan mengecek kondisi kendaraannya di tempat yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas.

"Cermati bagian-bagian mobil yang terendam, bisa dengan cuci bersih atau cek ke bengkel jika dirasa ada sesuatu yang tidak beres," tutupnya.