Toyota Sudah Daftarkan Empat Model Kendaraan untuk Dapat Insentif PPnBM 2022, Avanza dan Raize Masuk

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 15 Februari 2022 | 18:30 WIB

Toyota Avanza terbaru (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - Total ada empat model kendaraan yang sudah didaftarkan PT Toyota Astra Motor (TAM), untuk bisa mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 2022.

Adapun keempat model yang diajukan Toyota ke pemerintah ini, dua di antaranya adalah Agya dan Calya yang berasal dari segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Sementara sisanya Toyota Avanza dan Raize, untuk mengisi segmen mobil non-LCGC berkapasitas 1.500 cc dengan harga di bawah Rp 250 juta.

"Iya sudah mengajukan, LCGC (Agya dan Calya) juga beberapa varian dari Toyota Avanza dan Raize," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM saat dihubungi GridOto.com, Senin (14/2/2022).

"Kami sedang menunggu, mudah-mudahan sebentar lagi keluar (persetujuan dari pemerintah)," pungkasnya.

Trybowo Laksono
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT

Hanya saja Anton tidak menjelaskan secara detail, varian atau tipe apa saja dari Toyota Avanza dan Raize yang didaftarkan untuk dapat diskon pajak tersebut.

Namun seluruh model yang telah diajukan Toyota ini, sudah mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5/PMK.010/2022.

Dalam aturan tersebut, insentif PPnBM yang ditanggung pemerintah pada 2022 ini diberikan hanya untuk dua segmen.

Segmen pertama yaitu mobil baru dengan harga maksimal Rp 200 juta, yang masuk dalam kategori LCGC atau Kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2).