Uji Laik Fungsi Sudah Dilakukan, Ruas Tol Binjai-Stabat Bakal Segera Dioperasikan

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 28 Januari 2022 | 07:49 WIB

Peta proyek pembangunan jalan tol Binjai-Langsa. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Uji laik fungsi (ULF) untuk jalan tol Binjai-Langsa ruas Binjai-Stabat, Sumatera Utara dikabarkan sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, PT Hutama Karya sekarang melakukan evaluasi ULF sebelum nantinya ruas tol ini resmi dioperasikan.

Koentjoro selaku Direktor Operasi III Hutama Karya menyebutkan kegiatan ULF untuk ruas tol Binjai-Stabat berjalan dengan lancar.

Lalu terkait evaluasinya, Hutama Karya bakal mengundang beberapa stakeholder di antaranya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumatera Utara dan instansi lainnya.

"Rangkaian evaluasinya dimulai dari peninjauan ke lapangan hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegaitan ULF," jelasnya, dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (26/01/2022).

Lebih lanjut, Koentjoro menyampaikan untuk sekarang, pekerjaan yang tersisa cuma menyelesaikan pengerjaan minor di beberapa titik.

Adapun penyelesaian pengerjaan ruas tol Binjai-Stabat sudah menjadi komitmen Hutama Karya sesuai dengan arah Kementerian PUPR.

Untuk itu, proses penyelesaiannya pun dibantu oleh anak perusahaan Hutama Karya, yakni PT HK Infrastruktu selaku kontraktor.

"Lalu pelaksanaan ULF juga jadi bagian dari tahapan persiapan operasional jalan tol," imbuhnya.

Baca Juga: Ruas Tol Binjai-Stabat Sebentar Lagi Selesai, Tinggal Menunggu Tahap Ini Saja Sob