UD Trucks Memastikan Kesiapannya Untuk Penerapan Standar Emisi Euro 4 di 2022

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Kamis, 13 Januari 2022 | 11:43 WIB

UD Trucks Quester (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

GridOto.com - UD Trucks memastikan dukungannya dalam kebijakan pemerintah dengan penerapan standar emisi Euro 4 di Indonesia pada 2022.

Sebagai salah satu cara untuk mendukung kesiapan penerapannya, UD Trucks mengadakan acara bedah teknologi selective catalytic reduction (SCR).

"Kami di UD Trucks berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah, khususnya dalam pengurangan emisi kendaraan," ujar Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia dalam siaran resmi yang diterima GridOto, Kamis (13/1/2022).

Sebagai informasi, penerapan peraturan baru gas buang jangka panjang yang paling ketat di dunia untuk semua kendaraan diesel setelah 2005 di Jepang.

Nissan Diesel yang sekarang menjadi UD Trucks kemudian mengembangkan sistem pengolahan gas buang melalui katalis yang canggih.

Sistem tersebut kini dikenal dengan SCR urea pertama di dunia untuk truk.

Adapun sistem ini pertama kali diaplikasikan pada Quon pada 2004 silam.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun, UD Trucks opitimistis menggunakan SCR sebagai penerapan dari standar emisi Euro 4.

Berdasarkan Petaturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017, ini menjadi ajang pembuktian mesin UD Trucks dalam mengurangi gas buang berbahaya dari pembakaran mesin diesel.

Baca Juga: Sambut Aturan Euro 4 Pada 2022 Mendatang, Astra UD Trucks Siapkan Layanan UD Pro-Care

Chrisnoadhi pun mengungapkan soal seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi, serta dealer dan aftermarket.

"Kami telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program pengembangannya," tandasnya.