Pertalite Dicampur Alkohol Diklaim Dongkrak Performa Mesin dengan Takaran Segini, Pertamina Berikan Komentarnya

Harun Rasyid - Selasa, 11 Januari 2022 | 20:30 WIB

Ilustrasi dongkrak performa motor Yamaha NMAX (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Meningkatkan performa kendaraan bisa dengan berbagai cara, seperti modifikasi sejumlah part sampai mencampur bahan bakar dengan aditif tertentu.

Percobaan mencampur bahan bakar demi mendongkrak performa, misalnya dengan mengoplos bensin dengan alkohol 99 persen.

Langkah yang terbilang instan ini, diperlihatkan lewat video yang diunggah salah satu akun Youtube dengan eksperimen mencampur alkohol 99 persen dengan Pertalite.

Caranya dengan menuang alkohol 99 persen sebanyak 10 persen dari volume bensin dengan Research Octane Number (RON) 90 tersebut.

Misalnya 1 mili Pertalite dicampur dengan alkohol 99 persen sebanyak 0,1 mili.

Hasilnya diklaim membuat suara mesin rerdengar lebih halus, oktan menjadi lebih tinggi, dan membuat tingkat emisi yang dihasilkan jadi berkurang. 

Lantas, apakah boleh mencampur BBM dengan alkohol demi meningkatkan performa mesin?

Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) coba menyampaikan pendapatnya.

Menurutnya Pertamina tidak menganjurkan pemilik kendaraan mencampur BBM dengan alkohol atau zat aditif tambahan lainnya.

Baca Juga: Street Manners: Nyawa Jadi Taruhan, Main HP Saat Mengemudi Efeknya Lebih Berbahaya Daripada Dipengaruhi Alkohol!

"Kami menyarankan untuk tidak mencampur BBM jenis apapun dengan bahan-bahan asing seperti alkohol," jelasnya saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Putut Andriatno selaku Executive General Manager Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga menyatakan, Pertamina juga tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu setelah mencampur BBM dengan zat aditif.

Youtube.com/Versus In Experiment
Ilustrasi mencampur BBM dengan alkohol


"Karena hal itu akan mengubah spesifikasi BBM, Pertamina juga tidak bertanggung jawab terhadap spesifikasi BBM yang sudah berubah," ucapnya saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Nah Sobat GridOto, apakah kalian pernah coba mencampur BBM dengan alkohol 99 persen?

Baca Juga: Dijamin Tercengang! Harga Pertamax Turbo Harusnya Bisa Rp 5.000 per Liter, KPBB Bocorkan Faktanya