Musim Hujan Bisa Bikin Lubang Kunci Kontak dan Tangki Bensin Jadi Seret, Begini Cara Mencegahnya

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 7 Januari 2022 | 20:46 WIB

Kunci tangki bensin Yamaha NMAX lawas rawan seret saat musim hujan begini, yuk simak cara mencegahnya. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Memasuki minggu kedua Januari 2022, hujan semakin sering turun di kawasan Jabodetabek terutama di sore dan malam hari.

Maklum, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri memprediksi bahwa musim hujan akan mengalami puncaknya pada Januari hingga Februari 2022 nanti.

Buat para pemilik motor, curah hujan yang semakin tinggi akhir-akhir ini sebaiknya membuat sobat lebih waspada terutama kalau sering parkir di luar.

Pasalnya lubang kunci kontak atau tutup tangki bensin jadi rawan kemasukan air hujan meskipun sudah dilengkapi dengan penutup.

Terutama untuk motor sport yang kunci kontak dan tutup tangkinya menghadap ke atas, serta matik bongsor yang tangkinya ada di tengah seperti Yamaha NMAX, Aerox, atau Honda PCX dan ADV.

“Karena jarang dibuka, banyak pengguna motor-motor matik besar itu enggak sadar kalau lubang kunci tutup tangkinya sering kemasukan air,” ujar Samsul, pemilik toko spesialis kunci Samsul Saga Locksmith kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

“Karena dicuekin terus, lama-kelamaan jadi susah diputar,” imbuhnya.

Untuk menghindari kunci seret, ia pun menyarankan untuk melumasi lubang kunci tiap kali motor terpapar air hujan.

“Bagusnya pakai degreaser seperti WD-40 dulu agar airnya hilang, baru disemprot pakai pelumas,” tukas pria yang buka toko di Pusat Onderdil Blok M Mall, Jakarta Selatan itu.

Baca Juga: Jangan Biarkan Mobil atau Motor Jadi 'Panuan' Selama Musim Hujan, Cuma Modal Air Bersih dan Lap Kering