Rekor Nih, Ada Wanita Arab Saudi yang Berkompetisi di Reli Dakar 2022

Fendi - Sabtu, 1 Januari 2022 | 17:30 WIB

Dua pembalap wanita asal Arab Saudi, Mashael AlObaidan dan Dania Akeel yang mengikuti Reli Dakar 2022 (Fendi - )


GridOto.com –  Untuk pertama kalinya Reli Dakar suda peserta wanita asal Arab Saudi, yaitu Mashael AlObaidan dan Dania Akeel berkompetisi di Reli Dakar 2022.

Mashael AlObaidan dan Dania Akeel menjadi pembalap wanita pertama dari Arab Saudi yang berkompetisi di reli jarak jauh yang terkenal ganas ini.

Keduanya sudah mendapat izin dari Saudi Automobile & Motorcycle Federation untuk mengikuti reli ketahanan di Arab Saudi yang memiliki jarak tempuh 8.375 km.

Mashael AlObaidan dan Dania Akeel akan menghadapi rute yang melintasi gurun dan pegunungan.

Mereka akan berkendara hingga 600 km sehari dalam jadwal yang padat.

Dari daftar peserta Reli Dakar 2022, Mashael AlObaidan Dania Akeel berlaga di kelas Light Prototypes dengan kendaraan jenis UTV, yaitu Cam-Am Maverick X3 bersama tim South Racing Middle East.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mashael AlObaidan (@mnalobaidan)

Kategori UTV diperkenalkan pada tahun 2017.

Pada tahun 2021 kelas itu dibagi lagi menjadi kategori terpisah Light Prototypes T3, dan T4 SSV, yang menggunakan basis dari kendaraan produksi.

Bagi mereka ini mimpi yang menjadi kenyataan, mengingat wanita tidak diizinkan mengendarai mobil di Arab Saudi sampai larangan dicabut pada 2018.

Baca Juga: Waduh.. Ada Mobil Peserta Kebakar, Padahal Reli Dakar 2022 Belum Dimulai

"Mengemudi di event terkenal di Saudi ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," kata Mashael AlObaidan, dikutip GridOto.com dari reuters.com.

"Saya melakukan apa yang saya sukai dan saya menerima begitu banyak dukungan dari orang-orang yang mengatakan bahwa apa yang saya lakukan menginspirasi banyak orang,” lanjutnya.

Ia menceritakan mengenai kesanggupannya untuk berlaga di Reli Dakar 2022 ini.

Baca Juga: Total Jarak 8 Ribu Km, Begini Rute Reli Dakar 2022 di Arab Saudi