Cara Mencegah Munculnya Retakan di Body Motor Setelah Dicat Ulang

Mohammad Nurul Hidayah - Selasa, 28 Desember 2021 | 07:30 WIB

Cat motor retak (Mohammad Nurul Hidayah - )

Gridoto.com - Ada cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah munculnya retakan di body motor setelah dicat ulang.

Retakan yang muncul setelah proses cat ulang umumnya adalah reaksi kimia akibat penggunaan komponen cat yang tidak senyawa.

Lukman Hakim, Artist Airbrush dari Studio Anggoro Let's Go Paint Brush And Art, kasih tips agar retakan tidak muncul lagi di body motor yang telah dicat ulang.

"Cara ini tidak banyak yang tahu, tapi terbukti ampuh buat mencegah munculnya retakan," ujar Akim sapaan akrab Lukman Hakim.

Baca Juga: Bisa Enggak Sih Cat Ulang Body Motor yang Pernah Dicat Pakai Cat Aerosol

Langkah pencegahan ini berada diproses awal pengecatan ulang body motor.

"Sebelum dicat ulang, pasti cat lama di media yang akan dicat ulang itu harus diamplas dulu. Nah setelah diamplas ini kalian bisa semprot PP Primer ke media yang sudah diamplas tadi," yakin Akim sapaan akrab Lukman Hakim.

Nurul
Retakan muncul akibat reaksi kimia senyawa cat yang berbeda

PP Primer yang disemprotkan ini berfungsi sebagai penutup agar senyawa kimia pada lapisan cat lama tidak bereaksi negatif pada cat baru yang disemprot.

"Biasanya kan PP Primer ini cuma digunakan buat body tekstur kulit jeruk. Tapi di body biasa juga bisa kita gunakan buat menghindari hasil retak saat cat jadi," tutur Akim yang workshopnya di Jl. H. Marzuki VI RT 03 / RW 17 No. 39, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Baca Juga: Cat Mobil Muncul Baret Halus Sehabis Mengelap, Ini Penyebabnya