Kerap Terjadi Kecelakaan, KNKT Beri Tiga Rekomendasi Untuk Manajemen TransJakarta

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 22 Desember 2021 | 18:10 WIB

Operasional ratusan bus Transjakarta dihentikan sementara (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Belakangan ini kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta menjadi sorotan publik lantaran terjadi berturut-turut.

Melihat insiden tersebut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan audit total atau investigasi terkait maraknya kecelakaan bus TransJakarta.

Ahmad Wildan selaku Pelaksana Tugas Kepala Sub Komite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT mengatakan ada tiga rekomendasi kepada PT TransJakarta.

"Pertama yang harus dilakukan oleh manajemen TransJakarta ada quick win-nya, ada 11 yang kami sampaikan harus dilakukan oleh manajemen TransJakarta," ujar Wildan kepada awak media di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Wildan melanjutkan, rekomendasi kedua adalah TransJakarta harus memperhatikan mengenai lintasan bus yang bahaya atau berisiko.

"Ini yang paling penting bahwa lintasan TransJakarta ini seharusnya di dalam koridor sendiri dan harus aman, saat ini ada beberapa hazard dan risk," ungkap Wildan.

"Untuk keselamatan TransJakarta ini ada disebut dengan road hazard mapping (RHM) yang akan dijalankan oleh BPTJ jadi ini memenang peranan sentral," sambungnya.

Lebih lanjut, KNKT merekomendasikan agar TransJakarta membentuk departemen khusus yang fokus untuk menangani keselamatan.

Baca Juga: Mobil Terbakar Hingga Daerah Rawan Kecelakaan Jadi Sorotan KNKT Selama 2021