Indah dan Fleksibel, Ini Alasan Ancol Dipilih Menjadi Lokasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 22 Desember 2021 | 16:25 WIB

Denah Jakarta International E-Prix Circuit yang akan dibangun di Ancol, Jakarta Utara. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Telah diumumkan bahwa Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara resmi menjadi lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022.

Formula E Jakarta 2022 akan digelar di sirkuit bernama lengkap Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang akan dibangun di kawasan sekitar mall Ancol Beach City.

JIEC akan memiliki lintasan selebar 12 meter dengan panjang 2,4 kilometer dan 18 tikungan, yang rencananya akan rampung pada April 2022.

Ancol sendiri tadinya merupakan salah satu dari kandidat lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022 bersama dengan Jakarta International Expo Kemayoran, dan Pantai Indah Kapuk 2.

Namun Ahmad Sahroni selaku Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 mengatakan, Ancol akhirnya terpilih sebagai lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022 karena beberapa faktor.

"Beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami adalah venue yang ikonik dan khas Jakarta, namun juga sesuai dengan standar Formula E Operation (FEO) dan FIA," ujar Sahroni dalam siaran resmi yang diterima GridOto.com, Rabu (22/12/2021).

OC Formula E Jakarta
Indah dan fleksibel, ini alasan Ancol dipilih menjadi lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022, bukan cuma nostalgia

"Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum," lanjutnya.

Memang, Ancol bukanlah lokasi yang asing bagi dunia motorsport Indonesia mengingat tempat rekreasi di pesisir Jakarta Utara tersebut kerap menggelar balap terutama di tahun '70-an hingga '90-an awal.

Baca Juga: Breaking News - Ancol Resmi Terpilih Sebagai Lokasi Sirkuit Formula E Jakarta 2022, Begini Layout Sirkuitnya