Hadir di GIIAS 2021, Jokowi Singgung Efektifitas Relaksasi PPnBM 100 Persen dan Ekosistem Kendaraan Listrik

Naufal Shafly - Rabu, 17 November 2021 | 12:55 WIB

Presiden Jokowi saat mengunjungi GIIAS 2021 (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan kunjungan kerja ke pameran otomotif GIIAS 2021, Rabu (17/11/2021).

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi menyampaikan dua hal penting terkait industri otomotif Indonesia.

Pertama, Jokowi menyebut industri otomotif Tanah Air kini perlahan telah bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19 pada 2020 lalu.

"Pemerintah tahu bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit untuk rekan-rekan yang membawa supply komponen yang ada," ucap Jokowi, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya, bangkitnya industri otomotif Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah program relaksasi PPnBM 100 persen.

"Oleh sebab itu pemerintah kemudian membuat kebijakan untuk sementara relaksasi dengan PPnBM yang diberikan. Ini kita lihat sangat mendongkrak penjualan dan produksi dari industri otomotif," ucapnya.

"Terakhir saya mendapatkan angka ada kenaikan 60 persen, ini sangat baik untuk memberikan pertolongan pemulihan ekonomi," lanjutnya.

Hal kedua yang disampaikan presiden adalah pentingnya segera membangun ekosistem kendaraan ramah lingkungan, misalnya hybrid, plug-in hybrid ataupun full electric vehicle.

Baca Juga: Perkenalkan Platform GSEV di GIIAS 2021, Wuling Pastikan Jual Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan