Street Manners - Jangan Malah Ngebut, Begini Cara Menjaga Konsentrasi Saat Berkendara di Hujan Deras

Muslimin Trisyuliono - Senin, 1 November 2021 | 20:12 WIB

ilustrasi Berkendara di Musim Hujan (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Berkendara saat kondisi hujan deras, dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi selama di perjalanan.

Pasalnya tidak hanya membuat jarak pandang menjadi berkurang, hujan deras juga kerap kali membuat fokus atau konsentrasi pengendara menjadi berkurang.

Oleh karena itu, berbagai langkah perlu dilakukan pengendara agar konsentrasi selama berkendara tetap terjaga dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Sony Susmana selaku Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan hal yang pertama perlu diperhatikan agar konsentrasi tetap terjaga yaitu kondisi fisik.

"Cara menjaga konsentrasi ini susah-susah gampang, yang perlu diperhatikan pertama tidur yang cukup atau istirahat rutin supaya konsentrasi tetap prima," ujar Sony kepada GridOto.com, Senin (1/11/2021).

Menurutnya kondisi fisik yang lemah karena kurangnya istirahat malah akan mempengaruhi konsentrasi, serta refleks dalam mengendalikan kendaraan.

Lebih lanjut, agar konsentrasi tetap terjaga pengendara harus menghindari aktivitas yang membuat fokus pengendara terpecah.

"Pastikan hanya mengemudi dan tidak melakukan aktivitas lain, karena kondisi hujan membuat distraksi di sekitar semakin tinggi," ungkap Sony.

Baca Juga: Street Manners: Pengendara Sampai Pejabat Stop Nyalakan Lampu Hazard Saat Touring dan Konvoi, Efeknya Bisa Celaka Sob