Gelaran WorldSBK dan MotoGP Indonesia Terancam Batal Karena Sanksi WADA, Menpora RI Kasih Klarifikasi

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 8 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Pemandangan sirkuit Mandalika bila dilihat dari atas. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Geger diberitakan bahwa Indonesia dijatuhi hukuman oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) akibat tidak patuh pada aturan antidoping yang mereka terapkan.

Hal tersebut ditakutkan mengancam gelaran balap WorldSBK Indonesia yang akan digelar pada November 2021, dan MotoGP Indonesia yang digelar Maret 2022.

Pasalnya, salah satu sanksi yang bisa dijatuhkan WADA adalah tidak diperkenankannya Indonesia menggelar event olahraga bertaraf internasional termasuk WorldSBK Indonesia dan MotoGP Indonesia nanti.

Namun, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI mengatakan bahwa Indonesia masih punya kemungkinan menggelar WorldSBK Indonesia dan MotoGP Indonesia.

"Masalah itu muncul kalau kita benar-benar di-ban (dihukum), ini kan belum," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual yang diadakan Jumat, (8/10/2021).

"Kami masih diminta klarifikasi (oleh WADA), maka kami akan berusaha untuk mengklarifikasi," imbuhnya.

Ia mengatkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) untuk mencari akar permasalahan yang menyebabkan ancaman WADA tersebut.

Selain itu, Kemenpora juga sudah mengirimkan surat klarifikasi ke WADA meskipun sedikit terlambat karena permintaan klarifikasi ternyata sudah diterima sejak September lalu.

Baca Juga: Indonesia Kena Sanksi Badan Antidoping Dunia WADA, MotoGP Mandalika Terancam?