Kendaraan Tempur P6 ATAV Buatan Dalam Negeri Curi Perhatian Masyarakat di Pameran Alutsista TNI, Intip Spesifikasinya

Rudy Hansend,Muslimin Trisyuliono - Selasa, 5 Oktober 2021 | 20:35 WIB

P6 ATAV dipameran HUT ke-76 TNI depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. (Rudy Hansend,Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-76 pada hari ini, Selasa (5/10/2021).

Memasuki usia ke-76 tahun, TNI tentunya mempunyai sejumlah alat sistem persenjataan (alutsista) yang tahan banting dan punya kemampuan jelajah lebih dari mobil pada umumnya.

Salah satunya, P6 ATAV kendaraan tempur buatan dalam negeri yang mencuri perhatian masyarakat di pameran HUT ke-76 TNI di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

R Panggah Dani, Kapten Kesatuan Denjaka Marinir TNI AL mengatakan P6 ATAV merupakan kendaraan serang ringan yang memiliki beberapa peran penting dalam ketahanan tempur di Tanah Air.

"P6 ATAV ini sehari-harinya untuk penugasan dan latihan-latihan karena spesifikasinya sebagai kendaraan serbu segala medan baik itu datar atau off-road sangat lincah," ujar Panggah kepada GridOto.com, Selasa (5/10/2021).

Rudy Hansend
R Panggah Dani Kapten Kesatuan Denjaka Marinir TNI AL


Selain itu, Panggah menjelaskan P6 ATAV juga memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh untuk kendaraan yang ramping diukuran alutsista.

"Spesifikasi menggunakan mesin 2.500 cc, untuk bahan bakar full tank 120 liter, apabila dalam kondisi full tank mampu menempuh jarak 500 kilometer," ucapnya.

Buat yang penasaran, P6 ATAV dibangun oleh PT Sentra Surya Ekajaya (SSE), Tangerang, Banten dengan dimensi panjang 4,6 m, tinggi 1,5 m dan lebar 2,3 m.

Baca Juga: Gagah dan Sangar, Intip Yuk Kendaraan Taktis APC Turangga Milik TNI AU yang Dipamerkan di Istana Merdeka