Proyek Jalan Tol Kediri-Tulungagung Segera Direalisasikan, Konstruksinya Bakal Lewati Delapan Kelurahan Ini

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 1 Oktober 2021 | 17:40 WIB

Ilustrasi pembangunan jalan tol. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Persiapan untuk proyek pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung, Jawa Timur sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri.

Jadi bisa dikatakan, proyek jalan tol sejauh 44,51 Km ini tidak lama lagi akan direalisasikan oleh pemerintah.

Melansir dari Surya.co.id, adapun salah satu persiapan yang sudah dilakukan yakni menggelar konsultasi publik untuk studi analisa dampak lingkungan (Amdal) pada Rabu (29/09/2021) lalu.

Dalam konsultasi publik tersebut, masyarakat juga diundang dalam diskusi untuk mengambil keputusan terkait proyek jalan tol Kediri-Tulungagung dan dampak yang bisa saja terjadi di masa mendatang.

Rencananya, konstruksi jalan tol ini akan melewati 8 kelurahan di Kota Kediri, yakni Kelurahan Mrican, Gayam, Ngampel, Bujel, Mojoroto, Sukorame, Pojok dan Semampir.

Dengan begitu pembahasan tentang Amdal itu difokuskan untuk dampak yang terjadi di 8 kelurahan di Kota Kediri yang dilintasi kontruksi fisik jalan tol.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri, Ferry Djatmiko, menjelaskan konsultasi publik terkait Amdal merupakan titik awal dari proyek jalan tol Kediri-Tulungangung.

"Kontribusi perwakilan masyarakat dalam memberikan saran, pendapat dan tanggapan sangat penting untuk meminimalisir dampak negatif dari dibangunnya jalan tol nantinya," jelas Ferry dikutip dari Surya.co.id.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Cisumdawu Terus Dikebut, Ditargetkan Selesai Tahun Depan