Kemenhub : Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas Harus Dimulai Sejak Dini

M. Adam Samudra - Jumat, 24 September 2021 | 09:38 WIB

Ilustrasi kecelakaan (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Belajar memahami tentang keselamatan berlalu lintas harus dimulai sejak dini.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama dengan Indonesia Road Safety Partnership (IRSP) menggelar webinar internasional yang bertajuk 'Indonesia Youth Road Safety Warriors'

Direktur Sarana Transportasi Jalan, M. Risal Wasal menyampaikan bahwa saat ini perlu dilakukan pendidikan mendalam maupun sistem bertransportasi yang mengutamakan keselamatan sekaligus mendorong hadirnya transportasi berkelanjutan.

“Kita harus sepakat dulu bahwa keselamatan itu harus ada di hati, sudah bukan waktunya lagi untuk sebatas dipikirkan tapi justru nomor satu," kata Risal melalui keterangan tertulisnya, Jum'at (24/9/2021).

"Safety adalah sesuatu yang harus kita laksanakan. Ini juga yang harus diperjuangkan oleh para pejuang-pejuang muda keselamatan untuk membantu Pemerintah mewujudkan road safety with sustainable transportation system. Harapannya angka kecelakaan dan tingkat fatalitas kecelakaan dapat kita turunkan,” lanjutnya.

Dalam kerjanya, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus berusaha mewujudkan keselamatan menjadi sebuah hal yang berkelanjutan. 

Risal juga menyampaikan harapan dari Ditjen Hubdat selaku Pemerintah kepada para mahasiswa dan taruna selaku generasi muda.

“Kami mempunyai harapan besar bagi para pejuang muda ini agar dapat meningkatkan leadership of road dalam menyuarakan keselamatan bertransportasi.

Baca Juga: Smart SIM Hari Ini Akan Resmi Diluncurkan, Barengan Dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara