Fitur Ford Fiesta Ini Beritahu Pengemudi Adanya Kecelakaan, Caranya?

Rayhansyah Haikal Wishnumurti - Kamis, 16 September 2021 | 19:13 WIB

Ford Fiesta Active versi penyegaran. (Rayhansyah Haikal Wishnumurti - )

GridOto.com - Ford Fiesta edisi penyegaran memiliki satu fitur canggih yang bisa memberitahu pengemudi adanya kecelakaan atau bahaya lain di depan.

Fitur tersebut dijuluki Local Hazard Information, sebuah fitur implementasi dari interkonektivitas data mobil dengan mobil lainnya.

Diperkenalkan sejak 2020 lalu di Ford Puma, fitur Local Hazard Information menampilkan Safety-Related Traffic Information (SRTI) di layar instrumen mobil.

Pesan SRTI tersebut muncul dari data yang dikirim dari mobil lain. Data tersebut bisa berupa penggunaan fog lamp atau menyalanya airbag.

Nah bagaimana fitur Local Hazard Information memberitahu adanya kecelakaan? Data menyalanya airbag dikomputasi lalu dikirim melalui FordPass Connect Modem ke server Ford.

Ford
Diagram cara kerja Ford Local Hazard Information.

Baca Juga: Ford Fiesta ST dan Puma ST Kreasi Mountune, Power Tembus 256 DK

Data tersebut lalu dibagikan ke mobil-mobil dari pabrikan yang bermitra dengan Ford sehingga muncul SRTI di mobil tersebut.

Selanjutnya pesan SRTI yang relevan akan dikirim lagi melalui koneksi seluler ke mobil-mobil yang ada di sekitar tempat kejadian.

Berkat adanya informasi SRTI ini, diharapkan pengemudi lain bisa menghindari tempat kejadian kecelakaan. 

Selain itu, informasi SRTI bisa digunakan untuk mempercepat datangnya layanan darurat dan memberikan posisi akurat tempat kejadian.

"Kendaraan terkoneksi membantu pengemudi mengantisipasi bahaya yang mungkin menunggu di tikungan selanjutnya," kata Peter Geffers, Manager Connected Vehicles Ford of Europe.

Pada implementasi Local Hazard Information Ford telah menggandeng beberapa mitra pabrikan seperti BMW, Mercedes-Benz, dan Volvo.