Seken Keren - Penyakit di Toyota Camry XV40 Muncul Kalau Pemiliknya Teledor, Solusinya Harus Repot Bongkar Part Ini

Harun Rasyid - Minggu, 5 September 2021 | 14:50 WIB

Ilustrasi Toyota Camry generasi ke-6 atau XV40 (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Toyota Camry lansiran 2006 hingga 2012 bekas, dapat dimiliki dengan budget Rp 90 jutaan hingga Rp 170 jutaan tergantung tipe dan kondisinya.

Meski usianya tak lagi muda, Toyota Camry berkode bodi XV40 ini masih memancarkan kemewahan dari desain hingga bagian interiornya.

Sedan mewah dengan varian mesin 2.400 cc dan 3.600 cc V6 serta trasmisi matik 6 percepatan ini, juga dikenal nyaman dan bandel jika dirawat dengan baik.

Namun bila kurang perawatan, Camry XV40 biasanya akan mengalami masalah di bagian tertentu.

"Biasanya penyakit Toyota Camry generasi ke-6 ini ada di transmisi matiknya. Penyebabnya karena telat ganti oli transmisi, sehingga kinerja matiknya jadi lemah. Contohnya mesin mobil harus tunggu panas dulu sebelum transmisinya bisa beroperasi normal," ujar Ismatullah, Owner bengkel spesialis Toyota Ismed Motor kepada GridOto.com, Kamis (2/9/2021).

Menurutnya, interval ganti oli matik yang terlalu jauh membuat part penting seperti balance shaft rusak.

"Jadi di dalam gearbox itu ada balance-nya, ini semacam gigi yang terbuat dari fiber, nah balance shaft Toyota Camry XV40 ini sering aus," kata Pria yang akrab disapa Ismed di bengkelnya di kawasan BSD Autoparts, Tangerang Selatan.

"Intinya olinya harus rutin diganti sih. Sebab ada mobil yang odometernya baru 80 ribu kilometer (km) tapi jarang ganti oli matic, hal ini bisa diindikasikan balance shaft-nya sudah kena," lanjutnya.

Baca Juga: Seken Keren - Beneran Mewah, Ini Keunggulan Toyota Camry XV40 yang Bisa Bikin Calon Konsumen Kepikiran