Hyundai Indonesia Perkenalkan Robot Pintar Spot, Bisa Antar Obat ke Pasien Saat Pandemi Covid-19

Wisnu Andebar - Kamis, 2 September 2021 | 19:45 WIB

Hyundai memperkenalkan Spot, sebuah robot pintar berkaki empat di Kelapa Gading (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berkolaborasi dengan perusahaan desain engineering dan robotika asal Amerika Serikat Boston Dynamics, memperkenalkan Spot, sebuah robot pintar berkaki empat pada hari ini, Kamis (2/9/2021).

Dengan membawa Spot ke Indonesia, HMID ingin menunjukkan visi global Hyundai yakni Progress for Humanity, yang menghadirkan era baru robotik.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang beruntung karena berkesempatan untuk dikunjungi oleh Spot selama setahun," kata Makmur, Chief Operating Officer HMID saat ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/9/2021).

"Kami ingin menunjukkan ke masyarakat Indonesia sebagai visi Hyundai yakni Progress for Humanity atau kemajuan untuk kemanusiaan," sambungnya.

Makmur menjelaskan, Spot bisa dimanfaatkan untuk menjelajah ke tempat berbahaya yang tidak memungkinkan manusia untuk terjun langsung.

"Misal di rumah sakit bisa mengantarkan obat kepada pasien saat pandemi Covid-19," bebernya.

Wisnu/GridOto.com
Hyundai memperkenalkan Spot, sebuah robot pintar berkaki empat di Kelapa Gading

"Bahkan pernah dipakai untuk membantu para peneliti untuk mengetahui kadar radiasi yang ada di Chernobyl, Ukraina, yang mana terjadi kebocoran nuklir dan tidak mungkin meminta manusia untuk mengukur kadar radiasi tersebut," terangnya lagi.

Sementara itu Astrid Ariani Wijana, selaku General Manager Department HMID mengungkapkan, dengan diperkenalkannya Sot di Indonesia, Hyundai ingin tidak hanya dikenal sebagai penyedia kendaraan atau pabrikan otomotif, tapi menjadi provider mobilitas masa depan.

Baca Juga: Teknologi Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Ini Bisa Jalan Sendiri!