Figur - Nanan Soekarna, Ingin Menggabungkan Cinta Otomotif dan Cinta Negara di Kalangan Komunitas Otomotif Indonesia

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 30 Agustus 2021 | 13:10 WIB

Mantan Wakalpolri Komjen Pol (Purn.) Drs. Nanan Soekarna, ingin menggabungkan kecintaan otomotif dan kecintaan akan negara di kalangan komunitas otomotif di Indonesia. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Tidak hanya sebagai mantan Wakapolri, Komjen Pol (Purn.) Drs. Nanan Soekarna juga dikenal sebagai figur yang mencintai dunia otomotif.

Terlihat tidak hanya dari koleksi mobil Nanan Soekarna yaitu Jeep Willys dan Cadillac Fleetwood tahun 1956 eks mobil presiden milik Ir. Soekarno.

Nanan juga kini sibuk menjadi figur pengurus dan pembina berbagai komunitas otomotif seperti Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPKMI) dan Willys Owners Indonesia.

Figur penting di sejarah Kepolisian Republik Indonesia itu mengaku, kecintaannya terhadap dunia otomotif sudah dipupuk sejak masih duduk di bangku SMP.

“Kebetulan saya kan anak tentara, jadi waktu SMP itu saya belajar mengemudikan mobil pakai Willys punya orang tua,” ungkap Nanan Soekarna kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

“Dari situ mulai menyatu dan cinta lah, sejak SMP sudah naik Willys bahkan pernah coba turun mesin sendiri juga,” lanjut pria kelahiran 1955 itu.

Meskipun sudah tidak lagi menjabat sebagai abdi negara, Nanan terus berusaha menggabungkan kecintaan terhadap dunia otomotif dengan kecintaan terhadap Indonesia.

Tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan juga kepada para komunitas otomotif yang dinaunginya.