Update Proyek Jalan Tol yang Hubungkan Jateng dan DIY, Sudah Sampai Tahap Apa Nih

Ruditya Yogi Wardana - Senin, 23 Agustus 2021 | 15:45 WIB

Ilustrasi jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo dan Yogyakarta-Bawen. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Proses pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo, dan Yogyakarta-Bawen, hingga sekarang masih terus berlanjut.

Berdasarkan data dari Kppip.go.id, progres pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Seksi 1 SS Kartosuro-SS Purwomartani, masih dalam tahap pembebasan lahan serta pengerjaan konstruksi.

Lalu di Seksi 3 JC Sleman-SS Purworejo, saat ini dalam tahapan persetujuan penetapan lokasi (penlok) untuk pengadaan tanah yang nantinya dilanjutkan dengan penyusunan Daerah Milik Jalan atau Right of Way (ROW) Plan.

Kemudian untuk jalan tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Seksi 2 SS Purwomartani-JC Sleman, masih dihadapkan dengan satu kendala.

Soalnya ada permasalahan desain trase yang harus didiskusikan lebih lanjut dengan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pihak-pihak terkait.

Untuk itu, PT Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), akan mengupayakan percepatan pembangunan dan penyelesaian masalah desain trase Seksi 2.

Sementara itu, untuk progres pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen, sekarang ada pada tahap penlok di Provinsi Jawa Tengah.

Serta penyusunan Dokumen Analisis Dampak Lalu Lintas yang dilanjutkan dengan pembuatan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Solo di Klaten Berlanjut, Pengerjaan Segera Dilakukan di Empat Desa Ini