Street Manners - Jangan Asal Gas Melewati Perlintasan Kereta Api Saat Hujan, Perhatikan Hal Ini Agar Tetap Aman

Muslimin Trisyuliono - Senin, 2 Agustus 2021 | 12:05 WIB

Dua orang pengendara motor terjatuh akibat rel kereta api yang licin. Ini Trik Aman Melintasi Rel Kereta Api, Pemotor Wajib Tahu (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Ketika melewati perlintasan rel kereta api dalam kondisi basah karena hujan, memang perlu kewaspadaan yang ekstra bagi pengendara bermotor.

Pasalnya bila tidak berhati-hati, jalan yang basah membuat pengendara rawan terpeleset karena di area tersebut licin.

Andry Berlianto, selaku Praktisi safety riding dan safety driving Indonesia mengatakan agar tidak mengalami hal serupa, pengendara motor perlu memperhatikan beberapa poin agar tidak kepeleset.

"Pertama waspadai bel dipalang kereta, berhenti saat bel berbunyi dan tidak mengambil kesempatan untuk menerobos palang," ujar Andry kepada GridOto.com, Minggu (01/08/2021).

Kemudian ambil sisi kiri jalan saat berhenti di perlintasaan, agar ketika palang kereta api di buka tidak mengganggu kendaraan dari arah berlawanan.

Jika dirasa sudah aman, Andry menjelaskan terpenting atur kecepatan kendaraan dan hindari melintasi rel dengan kecepatan tinggi.

"Tidak tergesa-gesa saat melewati badan rel dan tidak dilakukan menyilang dengan mengiris jalur rel," ucap Andry.

Menurutnya jika dilakukan dalam kecepatan tinggi dan menyilang rel kereta api justru lebih berbahaya, sebab jika ban slip akan sulit dikendalikan.

Baca Juga: Street Manners: Mengapa Buku Manual Tetap Penting dan Tak Tergantikan?