Toyota Fortuner Tabrakan tapi Airbag Tidak Mengembang, Pemilik Bingung

Radityo Herdianto - Sabtu, 17 Juli 2021 | 13:11 WIB

Toyota Fortuner milik Evia Gustiana yang airbag-nya tidak mengembang saat kecelakaan di Garut, Jawa Barat (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Toyota Fortuner VRZ produksi 2017 yang dikemudikan Evia Gustiana mengalami kecelakaan saat dikemudikan di sebuah tikungan di ruas jalan di daerah Garut, Jawa Barat sekitar 2 minggu lalu.

Toyota Fortuner VRZ 2017 milik Evia Gustiana ini ditabrak oleh Nissan Grand Livina 1.5 XV 2013 yang melaju dari arah berlawanan.

Bagian depan kanan Toyota Fortuner VRZ yang dibeli di dealer Auto2000 di Bandung, Jawa Barat pada Juni 2017 ini rusak, bumper lepas, kaca pecah, dan bahkan ban depan kanannya sampai terlepas.

Yang bikin bingung sang pemilik Toyota Fortuner adalah kenapa airbag di mobilnya tidak mengembang.

"Kenapa mobil saya airbagnya tidak mengembang sedang Nissan Grand Livina yang menabrak mobil saya airbagnya mengembang," jelas Evia Gustina kepada GridOto.com (16/7).

Istimewa
Kondisi Nissan Grand Livina yang Menabrak Toyota Fortuner milik Evia Gustiana di Garut, Jawa Barat

Baca Juga: Selain Kecelakaan, SRS Airbag Bisa Mengembang Karena Hal Ini

"Saya sedang berkendara di ruas jalan pegunungan dengan kecepatan sekitar 40 km/jam, seatbelt terpasang sempurna, dan tidak ada indikator airbag malfungsi," lanjut Evia yang dihubungi via telepon genggamnya.

Airbag merupakan fitur keselamatan standar di Toyota Fortuner yang dijual PT Toyota-Astra Motor (TAM) di Indonesia.

Toyota Fortuner 4x2 dibekali 3 buah airbag (pengemudi, penumpang depan, dan lutut pengemudi) sedang untuk tipe 4x4 (VRZ dan G) memiliki 7 buah airbag di kabinnya.