Ini Penyebab Soket Kiprok Yamaha R25 Gosong yang Bikin Mesin Mati Mendadak

Isal - Rabu, 7 Juli 2021 | 18:40 WIB

Kiprok Yamaha R25 dan MT-25 Punya lima pin (Isal - )

GridOto.com - Soket kiprok Yamaha R25 yang gosong menjadi salah satu penyebab munculnya gejala mesin motor mati mendadak.

Nah, yang menjadi pertanyaan apa yang menyebabkan soket kiprok di Yamaha R25 itu gosong?

"Penyebab soket kiprok Yamaha R25 gosong umumnya karena soket yang kendur dan dibiarkan, juga korsleting karena air," buka Mis'an, Owner Mis'an Motor, bengkel spesialis Yamaha R25 dan MT-25 kepada GridOto.

Menurut Mis'an, ada penyebab lain yang membuat soket kiprok Yamaha R25 cepat gosong.

Baca Juga: Fungsi Kiprok Pada Kelistrikan Motor, Kalau Rusak Bikin Aki Error!

"Selain itu pakai lampu tambahan dengan Watt yang terlalu besar juga membuat beban listrik Yamaha R25 jadi terlalu besar," jelas Mis'an.

"Hal itu sering kali membuat soket kiprok panas dan akhirnya gosong," tambahnya saat ditemui di Jalan Aria Putra No.57, Ciputat, Tangerang Selatan.

Istimewa
Soket kiprok Yamaha R25 dan MT-25 yang gosong selain karena korsleting disebabkan juga karena beban listrik yang terlalu besar

Oleh karena itu, Mi'san menyarankan untuk pakai lampu tambahan Yamaha R25 atau MT-25 secukupnya agar tidak membebani kelistrikan.

"Kalau terlalu banyak beban kelistrikan bikin soket kiproknya gosong, saya sudah banyak menemukan di bengkel," kata Mis'an yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat ini.

Baca Juga: Sering Terjadi, Ternyata Hal Ini Menjadi Sebab Aki Kembung di Motor