Truk Listrik Mercedes-Benz eActros Resmi Diluncurkan, Sanggup Melaju Hingga 400 Km, Harga Tiga Kali Lipat Truk Diesel Sejenisnya!

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 30 Juni 2021 | 17:33 WIB

Truk listrik Mercedes-Benz eActros resmi diluncurkan, harganya tiga kali lipat truk diesel sejenisnya! (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Setelah dipamerkan secara konsep pada 2016 silam, Mercedes-Benz akhirnya resmi meluncurkan truk listrik mereka yaitu eActros.

Karin Radstrom, selaku anggota Board of Management Daimler Truck AG dan Head of Mercedes-Benz Trucks mengatakan, eActros merupakan salah satu upaya untuk mengurangi polusi CO2 yang diakibatkan oleh sektor transportasi.

"Kita harus mengakui bahwa transportasi adalah bagian dari masalah yang menyebabkan perubahan iklim," ujar Karin dalam acara peluncuran Mercedes-Benz eActros yang diadakan secara virtual, Rabu (30/6/2021) tadi.

"Truk eActros dan layanan khususnya menjadi langkah besar bagi Mercedes-Benz Truck dan bagi pelanggan kami untuk menuju transportasi yang netral CO2!," imbuhnya.

Baca Juga: Mercedes-Benz Menguji Truk Listrik Actros Untuk Armada Inovasi

Truk listrik Mercedes-Benz eActros ditenagai oleh dua motor listiik terintegrasi yang dipasangkan dengan transmisi dua percepatan.

Kedua motor listrik tersebut ditenagai oleh tiga atau empat paket baterai tergantung versi yang dibeli, yang masing-masing memiliki kapasitas 105 kWh.

Daimler Trucks and Buses Communi
Tampak battery pack milik truk listrik Mercedes-Benz eActros.

Artinya truk listrik Mercedes-Benz eActros dengan empat paket baterai akan memiliki kapasitas maksimal 420 kWh, dengan klaim jarak tempuh hingga 400 km.

Saat terhubung ke stasiun pengisian 400A DC, pengisian daya ketiga paket baterai memerlukan waktu lebih dari 1 jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen.