Street Manners : Buat Para Kicau Mania, Begini Cara Bawa Burung Naik Motor atau Mobil yang Benar

Wisnu Andebar - Sabtu, 12 Juni 2021 | 16:32 WIB

Pengendara motor yang membawa sangkar burung (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Buat para kicau mania alias penghobi burung kicau pasti pernah melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, baik itu motor ataupun mobil.

Entah itu perjalanan menuju arena lomba atau ke tempat lainnya, membawa burung menggunakan kendaraan tentu tidak boleh sembarangan.

Selain memerhatikan kesehatan dan kenyamanan burung, juga jangan mengabaikan dari sisi keselamatan berkendara.

Andry Berlianto, Praktisi Defensive Riding dan Defensive Driving Indonesia mengatakan, untuk yang naik motor hindari memegang sangkar burung dengan satu tangan.

Baca Juga: Street Manners: Kiat Aman Berkendara di Jalur Berbukit Menggunakan Mobil

Menurutnya, jika membawa sangkar burung dengan cara memegangnya akan berpengaruh terhadap keseimbangan ketika mengendarai motor.

"Keseimbangan saat mengendarai motor ditentukan oleh dua tangan, saat hanya satu tangan maka risiko hilang keseimbangan menjadi tinggi dan dapat berimbas kecelakaan," kata Andry kepada GridOto.com, Sabtu (12/6/2021).

Wisnu/GridOto.com
Membawa burung di bagasi mobil

"Sejauh kandang burung terikat atau terpasang rapat layaknya ransel dan tidak mengganggu gerakan pengendara, maka bisa dikatakan cukup aman," sambungnya.

Lebih lanjut, untuk yang membawa burung menggunakan mobil pastikan ruang di bagasi cukup untuk meletakkan sangkar burung, sehingga tidak mengganggu konsentrasi pengemudi.