Mitos atau Fakta, Cat Motor Warna Doff Tidak Menggunakan Pernis?

Muhammad Farhan - Selasa, 8 Juni 2021 | 12:40 WIB

Yamaha Lexi Custom Yamaha Mekar Bintaro (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Mitos atau fakta? Banyak yang beranggapan bahwa proses cat bodi motor warna doff enggak pakai pernis layaknya warna cat glossy.

Dibandingkan warna glossy, kini pabrikan banyak menawarkan motor keluaran terbarunya dengan pilihan warna doff atau matte.

Karena hal ini, banyak yang mengira proses cat bodi motor warna doff juga bisa lebih murah dibandingkan warna-warna glossy.

“Anggapan tersebut kurang tepat, sebab cat bodi motor warna doff juga pakai pernis namun jenisnya beda dengan pernis glossy,” ujar Ambar, dari Cargloss Custom Paint Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ini Penyebab Cat di Bodi Motor Bertekstur Kulit Jeruk Pudar dan Rontok

Jika pernis cat glossy dapat membuat hasil cat tampak mengkilap, maka pernis cat doff membuat hasilnya tampak buram.

Karena hal ini, makanya banyak yang salah sangka dan mengira proses cat motor doff enggak pakai pernis sebagai tahap akhir sebagai bagian terluar cat bodi.

Ivan Casagrande Momot
Yamaha XMAX livery Monster Energy Yamaha MotoGP

“Warna apapun bisa dibuat doff kalau konsumen menginginkan, sebab bedanya hanya di pernisnya saja dengan cat glossy,” lengkapnya.

Makanya dari pabrikan sendiri, motor tipe yang sama dan ditawarkan dalam pilihan warna cat metalik dan doff umumnya dibanderol dengan harga sama.

Baca Juga: Mau Awet? Jangan Lewati Tahap Ini Saat Cat Ulang Dek Bertekstur Kulit Jeruk