Kilas Balik F1 Monako, Dua Pembalap Pernah Nyebur ke Laut Saat Balapan, Salah Satunya Legenda F1 Asal Italia

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 22 Mei 2021 | 19:30 WIB

Dua pembalap F1 pernah nyebur ke laut saat tengah menjalani F1 Monako, salah satunya legenda F1 asal Italia Alberto Ascari. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Balapan F1 Monako 2021 menjadi spesial karena merupakan salah satu dari lima balapan yang diselenggarakan di sirkuit jalanan pada musim balap F1 2021.

Tapi, sirkuit F1 Monako juga menyimpan banyak kejadian unik sejak pertama kali menyelenggarakan balapan pada 1929 silam dan baru menjadi bagian dari kejuaraan Formula 1 pada 1950.

Dua di antaranya melibatkan pelabuhan Monako, yang dilewati layout sirkuit jalanan yang terletak di pinggir laut negara kerajaan tersebut.

Yup, dua pembalap F1 pernah mencicipi dinginnya laut saat sedang memacu mobil mereka melalui sirkuit jalanan F1 Monako yang sempit.

Baca Juga: F1 Monako Disebut Balapan Paling Gila Dalam Sejarah Formula 1, Hanya 3 Pembalap Yang Finish!

Yang pertama terjadi hari ini tepat 66 tahun silam, atau pada balapan F1 digelar pada 22 Mei 1955.

Pada F1 Monako 1955, legenda F1 asal Italia yaitu Alberto Ascari sedang memimpin jalannya balap saat mobil Lancia D50 miliknya tercebur ke pelabuhan Monako.

F1i.com
Mobil balap Lancia D50 milik Alberto Ascari diangkut setelah tercebur ke laut di sirkuit F1 Monako.

Ia memasuki Nouvelle Chicane, kala itu masih bernama Chicane du Port, dengan kecepatan yang terlalu tinggi dan alih-alih menabrak pembatas, ia memilih untuk menceburkan mobilnya ke laut.

Beruntung, Alberto Ascari berhasil berenang ke permukaan dan hanya menderita patah hidung akibat kecelakaan tersebut.