Jangan Asal! Begini Strategi Kelola Keuangan Jika Ingin Punya Mobil Sendiri di Usia Muda

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 19 Mei 2021 | 16:05 WIB

Ilustrasi mobil baru di dealer Daihatsu (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Mobil pribadi merupakan salah satu moda transportasi yang cukup diminati masyarakat Indonesia untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Selain memudahkan saat bepergian dari satu tempat ke tempat lain, memiliki mobil pribadi sudah pasti menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Apalagi membelinya dalam usia muda khususnya yang baru mengijnjak 20-an, bukanlah hal yang mustahil lagi untuk mengeksekusinya.

Baca Juga: Berencana Beli Mobil Bekas? Ini yang Sebaiknya Diperhatikan Agar Keuangan Tidak Tekor

Mike Rini, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) pun memberikan pandangannya bagi anak muda usia 20-an yang ingin membeli mobil.

"Di usia 20-an ingin beli mobil sendiri, memungkinkan asal sudah punya penghasilan. Tapi kalau Anda tidak punya penghasilan caranya harus menabung dan investasi," ujar Mike kepada GridOto.com, Selasa (18/05/2021).

Untuk itu, Mike memberikan beberapa cara merencanakan keuangan bagi anak muda usia 20-an supaya bisa membeli mobil idaman.

"Target 3 tahun ingin beli mobil, produk yang cocok dan lebih menguntungkan dari menabung di Bank, bisa pilih reksadana pendapatan tetap. Atau ingin dipanjangkan masa investasi misal 5 tahun lagi, Anda bisa memilih reksadana saham," kata Mike.