Mau Kredit Kendaraan? Pertimbangkan Hal Ini Agar Angsuran Tidak Dirasa Mencekik Yang Berujung Kredit Macet

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 7 Mei 2021 | 11:27 WIB

Ilustrasi kredit mobil Toyota (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Memiliki kendaraan bermotor saat ini sangat mudah, salah satunya dengan cara kredit yang memiliki beragam pilihan pembiayaan.

Hal ini dikarenakan mobil atau motor pribadi masih menjadi andalan masyarakat untuk membantu mobilitas sehari-hari agar waktu tempuh lebih efisien.

Untuk itu, beberapa perusahaan pembiayaan menawarkan promo-promo menarik, misalnya kredit kendaraan bermotor dengan uang muka atau down payment (DP) ringan dan proses yang cepat.

Kemudian cicilan bulanan pun fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan masyarakat, mulai tenor pembayaran 12 bulan hingga 60 bulan atau sekitar 5 tahun.

Baca Juga: Adira Finance Beri Tanggapan Soal Kebijakan DP 0 Persen Kendaraan Bermotor, Mendukung atau Menolak?

Nah, ketika hendak membeli kendaraan bermotor secara kredit, ada baik kalian mengetahui cara mensiasati agar pilihan cicilan tidak menjadi mencekik dan berujung pada kredit macet.

Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance, Niko Kurniawan mengatakan sebelum memutuskan untuk kredit kendaraan yang paling utama pilih kendaraan sesuai kebutuhan.

Jika kondisi keuangan terbatas, pilih down payment atau uang muka yang besar agar cicilan yang dibayar per bulan lebih kecil.

"Siasatnya gampang sekali, jangan beli kendaraan bermotor di luar kemampuannya. Jadi kalau kemampuan mencicilnya sekian juta carilah kendaraan yang cocok dengan itu, dan jangan mencari down payment-nya, tapi carilah cicilan yang mampu," ujar Niko dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

Baca Juga: DP 0 Persen Untuk Kredit Kendaraan Bukan Untuk Kaum Mending-mending, Dealer Ungkapkan Syaratnya