Mobil88 Sebut Insentif PPnBM Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas, Meningkat Berapa Persen?

Wisnu Andebar - Kamis, 6 Mei 2021 | 19:31 WIB

Ilustrasi mobil bekas di mobil88 (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Mobil88, sebagai perusahaan yang menjual mobil bekas mengungkapkan adanya peningkatan penjualan yang signifikan berkat insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Sutadi, selaku Chief Operating Officer (COO) mobil88 mengatakan, meski insentif PPnBM ditujukan untuk mobil baru, namun berdampak pada bisnis mobil bekas. 

Sebab menurutnya, bisnis mobil bekas merupakan turunan dari mobil baru. Konsumen yang sudah memiliki mobil dan ingin membeli mobil baru, tentunya harus menjual mobil lamanya terlebih dahulu.

"Sehingga turunan bisnis ini akan berdampak positif kepada kami, oleh sebab itu dengan adanya relaksasi PPnBM sangat berdampak positif buat penjualan mobil bekas," kata Sutadi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, mobil88 Hadirkan Layanan COD, Simak Keuntungannya

"Kenaikan penjualan mobil bekas di mobil88 sendiri pada Maret 2021 mencapai 26 persen jika dibandingkan Februari 2021," sambungnya.

Sutadi mengungkapkan, selain adanya penerapan insentif PPnBM, ada faktor lain yang membuat penjualan mobil bekas di mobil88 mengalami tren positif meski masih dilanda pandemi Covid-19.

"Jadi memang relaksasi PPnBM ini lumayan membuat bisnis otomotif bergairah, khususnya mobil bekas," ujar Sutadi.

"Selain itu, pemerintah juga mendukung dari sisi finansialnya, mulai kemudahan uang muka ringan hingga bunga cicilan yang rendah," pungkasnya.