Dibanding yang Lama, Kenapa V-belt Baru Motor Matic Tampak Lebih Lebar?

Muhammad Farhan - Kamis, 6 Mei 2021 | 11:40 WIB

Ilustrasi perbandingan lebar v-belt baru (atas) dan lama (bawah) (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Dibandingkan dengan v-belt lama atau yang terpasang sebelumnya di motor, kenapa v-belt motor matic kondisi baru tampak lebih lebar?

Buat kalian yang sering servis CVT sendiri atau memperhatikan hal ini saat servis motor, pasti penasaran kenapa v-belt kondisi baru terlihat lebih lebar.

Perbedaan ini bakal tampak jelas kalau kedua v-belt dibandingkan saat kondisinya terlepas dari CVT motor matic.

“Enggak perlu khawatir salah beli punya motor lain, ukuran lebar v-belt bekas pakai dan kondisi baru memang bisa mengalami perbedaan akibat pemakaian,” jelas Yoyok Wahyudi, kepala mekanik bengkel Duta Motor Sport di Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Apa Alasannya Mangkok Ganda Honda PCX 160 Dibuat Tertutup?

Pastinya diantara kalian ada yang pernah ragu atau khawatir dengan perbedaan lebar di v-belt tersebut dan takut memberikan efek samping bagi kerja CVT.

Jika tulisan yang tercetak di v-belt masih terbaca, maka tampak jelas kalau dibandingkan dengan v-belt baru, kondisinya yang lama itu sudah terkikis.

Ryan
Ilustrasi v-belt motor matic putus akibat kurang perawatan

Berukuran sama saat baru, v-belt yang sudah dipakai bakal mengalami keausan dan lebar yang berkurang jadi salah satu tandanya.

“V-belt bekerja naik turun dan bergesekan di dalam transmisi CVT saat motor beroperasi. Karena hal itu bisa aus sehingga perlu diganti dalam waktu atau jarak tertentu,” lengkapnya.

Baca Juga: Ganti Baut CVT Yamaha NMAX Dengan Stainless Steel? Segini Harganya