Seken Keren: Ini Efeknya Jika Land Rover Freelander Menenggak BBM di Bawah Standar!

Harun Rasyid - Sabtu, 10 April 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi Land Rover Freelander bekas tahun 2004 (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Mengusung desain mengotak, Land Rover Freelander bekas lansiran 1999-2006 masih tampak gagah untuk dikendarai saat ini.

Harga Land Rover Freelander bekas generasi pertama, kini berkisar Rp 80 juta hingga Rp 150 jutaan di pasaran.

Sebagai pilihan, Land Rover Freelander memiliki varian mesin 1.800 cc dan 2.500 cc V6 bensin, serta 2.000 cc diesel.

Namun meski unitnya terbilang lawas, SUV berpenggerak roda 4X4 ini tidak bisa mengonsumsi sembarang jenis BBM.

Baca Juga: Seken Keren: Ada Penyakit Land Rover Freelander yang Bikin Sebal dan Bisa Terus-terusan Muncul

"Jenis BBM yang pas untuk Land Rover Freelander itu standarnya oktan 95. Tapi ia tidak masalah jika diisi Pertamax dengan oktan 92 atau Pertamax Turbo dengan oktan 98," buka Faried Hariyanto, owner bengkel spesialis Land Rover dan Jaguar, Hanggar 17 di Jakarta Selatan kepada GridOto.com Sabtu (10/4/2021).

"Sedangkan untuk mesin diesel, disarankan pakai Pertamina Dex. Kalau tidak, fuel filternya harus rajin dibersihkan karena solar di bawah standar mengandung air yang tinggi," lanjutnya.

Faried mengungkapkan, berbagai efek negatif akan muncul jika Land Rover Freelander dipaksa menenggak BBM di bawah standar.

Netcarshow.com
Land Rover Freelander generasi pertama tahun 2000


"Efek pakai BBM di bawah standar itu tarikan kurang responsif atau lemot hingga dampak jangka panjangnya bisa turun mesin. Ini bisa terjadi karena pembakaran tidak sempurna, part di dalam mesin rusak dengan diawali timbul bunyi ngelitik di bagian mesin," katanya.

Baca Juga: Seken Keren: Harga Land Rover Freelander Bekas Mulai Rp 80 Juta, Bengkel Spesialis Ungkap Berbagai Kelebihannya