Terjawab, Ini Penyebab Bensin Bocor dari Tutup Tangki Motor Bekas

Muhammad Farhan - Senin, 15 Maret 2021 | 17:40 WIB

Ilustrasi memasang tutup tangki bensin di motor (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Terjawab, kebiasaan ini yang menjadi penyebab bensin merembes bocor keluar dari bagian tutup tangki di motor.

Tanpa sadar, cara menutup tangki bensin yang dilakukan secara asal bisa menyebabkan bensin di tangki berisiko bocor keluar.

Sebelum kejadian bensin bocor dari tutup tangki menimpa kalian, berikut ini penjelasan dari mekanik bengkel resmi.

“Saat memasang tutup tangki bensin, pastikan posisinya sudah masuk ke mulut tangki dengan benar baru kemudian diputar hingga tertutup rapat,” terang Anggi Rizky, kepala mekanik AHASS Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Penunjuk Volume Bensin di Motor Jenis Analog

Kebiasaan seperti main langsung putar tutup tangki bensin, dapat membuat karet tutup bensin rentan rusak karena tidak terpasang dengan benar.

Hasilnya bensin di dalam tangki jadi rentan rembes keluar atau masuk air dari luar ke dalam yang keduanya bakal memberikan dampak negatif bagi motor.

Uje
Selalu ganti dengan karet tutup tangki bawaan pabrik

“Nah kalau bensin bocor keluar, periksa kondisi karet tutup tangki. Sendainya masih bagus kondisinya mungkin cuma karena akibat tutup tangki tidak terpasang dengan benar,” ujarnya.

Jika harus ganti karena sudah getas atau robek, karet tutup tangki asli motor harganya pun terjangkau, mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribuan.

Baca Juga: Awas! Keran Bensin Model Vakum Jangan Diganti Sembarangan, Ini Efeknya