Seken Keren: Jangan Panik Jika AC KIA Sportage III Malah Bikin Gerah, Begini Solusi Bengkel Spesialis

Harun Rasyid - Minggu, 7 Maret 2021 | 18:02 WIB

KIA Sportage III punya masalah di AC yang kurang optimal. Jangan langsung ganti kompresor sob! (Harun Rasyid - )

GridOto.com - KIA Sportage III bekas tahun 2011 sampai 2015, kini bisa dipinang dengan budget Rp 100 juta sampai Rp 195 juta tergantung tipe dan kondisinya.

Mengusung mesin 2.000 cc, KIA Sportage III bersanding dengan Medium SUV semisal Honda CR-V, Nissan X-Trail hingga Mazda CX-5.

Meski usia tertuanya mencapai 10 tahunan, KIA Sportage III masih keren dikendarai berkat desainnya yang membulat layaknya mobil merek Eropa.

Namun sebelum memburu unitnya, calon pemilik KIA Sportage III bekas perlu mengetahui masalah yang mengganggu kenyamanan di ruang kabinnya.

Baca Juga: Seken Keren: Bengkel Spesialis Berikan Cara Agar Mesin KIA Sportage Terhindar dari Overheat

"Kami pernah menangani masalah AC (Air Conditioning) dari pemilik KIA Sportage III yang enggak dingin. Menurut bengkel AC mobil yang dikunjungi konsumen kami, masalahnya karena kompresor AC rusak. Padahal bukan di situ masalahnya," buka Boy Hendri, Owner bengkel spesialis Hyundai dan KIA Garasi 30 di Jakarta Selatan, Sabtu (6/3/2021).

Boy menyebut, masalah AC KIA Sportage III yang tidak dingin justru bisa dituntaskan dengan mengganti bagian sensornya.

Autocar.co.uk
Ilustrasi kabin KIA Sportage III yang kurang dingin karena sensor kompresor rusak


"Pemilik Sportage III yang disuruh ganti kompresor ini akhirnya ke bengkel kami. Karena harga kompresor original sekitar Rp 8 jutaan sampai Rp 10 juta, akhirnya kami cek dulu untuk memastikan sumber masalahnya," katanya.

"Setelah dicek ternyata penyebabnya ada di sensor valve control compressor. Karena sensor ini rusak, makanya kompresor AC mati karena part ini tugasnya memproteksi dan mengontrol kompresor hingga hembusan AC ke kabin," lanjut Boy.

Baca Juga: Seken Keren: Masalah Kaki-kaki KIA Sportage III yang Jarang Diketahui Bengkel, Biaya Perbaikannya Murah!