Pemerintah Mau Bangun Jalan Tol di Kabupaten Malang, Lewati Empat Kecamatan

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 2 Maret 2021 | 11:26 WIB

Ilustrasi jalan tol yang melintasi Kabupaten Malang. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Akses kendaraan roda empat atau lebih menuju Kabupaten Malang, Jawa Timur akan semakin dipermudah di masa mendatang.

Pasalnya, pemerintah pusat sudah merencanakan adanya pembangunan jalan tol yang melintasi wilayah Kabupaten Malang di masa mendatang.

Jalan tol ini nantinya melintasi empat kecamatan di bagian selatan Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Pakisaji, Bululawang, Gondanglegi dan Kepanjen.

"Kini tinggal menunggu lelang untuk proyek pengerjaan pembangunan jalan tol," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, dikutip dari Tribunmadura.com, Minggu (28/02/2021).

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Medan Ditunda, Begini Penjelasannya

Wahyu melanjutkan, pintu exit tol juga akan dibangun di masing-masing kecamatan yang dilintasi jalan bebas hambatan tersebut.

Dengan begitu, Kecamatan Pakisaji, Bululawang, Gondanglegi dan Kepanjen bisa mendapat dampak positif dari adanya jalan tol di Kabupaten Malang ini.

Kemudian, untuk kewajiban penentuan titik pembebasan lahan akan diserahan kepada Pemerintah Kabupaten Malang selaku panitia pelaksana.

Sementara untuk biaya pembangunan jalan tol menggunakan dana dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Warga Pagari Sejumlah Bidang Tanah Bikin Pembangunan Jalan Tol Sibanceh Terhambat, Apa Penyebabnya?

Pembangunan jalan tol di Kabupaten Malang ini ditargetkan bisa selesai pada 2024 mendatang.

Target tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan proyek Strategis Nasional.

Artikel ini telah tayang di Tribunmadura.com dengan judul Pembangunan Jalan Tol Malang Selatan Rencananya Melewati 4 Kecamatan Mulai Pakisaji hingga Kepanjen.