Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Ini Yang Harus Diantisipasi dalam Berkendara

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 10 Februari 2021 | 09:20 WIB

Ilustrasi berkendara di cuaca ekstrem (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Dikutip dari halaman resminya www.bmkg.go.id, BMKG memprediksi angin Monsun Asia yang terjadi beberapa hari terakhir akan berlanjut dan berpotensi hujan lebat hingga sepekan ke depan.

Seperti di wilayah Pulau Jawa bagian Barat berpotensi hujan intensitas tinggi.

Ia akan cenderung terjadi pada siang hingga malam hari pada tanggal 10 sampai 14 Februari 2021.

Baca Juga: Waspada Curah Hujan Tinggi, Begini Cara Melintasi Genangan Air yang Aman

Kemudian hujan berintensitas sedang hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Papua Barat dan Papua.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin..

Tentu saja dalam berkendara juga ada yang harus diantisipasi saat cuaca ekstrem ya.

Kira-kira hal apa itu?

Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan aquaplaning adalah salah satu yangharus diwaspadai.

"Antisipasi yang bisa dilakukan sebelum terjebak maupun saat terjebak Aquaplaning adalah kurangi kecepatan, ini langkah pertama untuk hasil akhir yang baik kuncinya relaks dan fokus," ujar Sony kepada GridOto, Selasa (09/02/2021).

Baca Juga: Street Manners: Bikers Mau Terobos Hujan? Jangan Asal Trabas, Perhatikan Hal-hal Ini Dulu
 
Kemudian, Sony membeberkan hal yang harus diantisipasi selanjutnya ketika berkendara di cuaca ekstrem yakni slip ban.

"Ada dua jenis slip yang harus diwaspadai saat cuaca buruk, yaitu corner slip terjadi akibat ketidakmampuan pengemudi dalam menguasai kendaraannya di kecepatan tinggi, atau overspeed pada sebuah tikungan," terangnya

Slain itu juga ada braking slip, yang bisa terjadi akibat gaya mengemudi agresif sehingga kerap melakukan pengereman dengan keras.

Yang harus dilakukan pengemudi adalah mengurangi kecepatan kendaraan dan jaga jarak aman.

"Adanya fitur ABS dan ESC dapat membantu pengemudi agar minim slip," sambungnya.

Lebih lanjut, Sony menerangkan hal yang harus diantisipasi ketika berkendara di cuaca ekstrem adalah visibilitas yang terbatas dari pengemudi.