Seken Keren: Hyundai H-1 Varian Ini Jangan Sampai Telat Ganti Oli, Akibatnya Dana Rp 30 Juta Bisa Melayang!

Harun Rasyid - Minggu, 7 Februari 2021 | 21:10 WIB

Ilustrasi Hyundai H-1 bekas tahun 2011 sampai 2013 mesin bensin (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Hyundai H-1 bekas tahun 2011 sampai 2013, jadi salah satu pilihan untuk yang mencari Big MPV selain Toyota Alphard, Nissan Elgrand atau VW Caravelle.

Harga Hyundai H-1 facelift pertama di Indonesia tersebut, kini mulai Rp 120 juta hingga Rp 200 jutaan tergantung tipe, tahun dan kondisinya.

Selain mesin diesel 2.500 cc berteknologi Variable Geometry Turbo (VGT), Hyundai H-1 juga punya varian mesin bensin 2.400 cc.

Namun untuk Hyundai H-1 bekas bermesin bensin, di pasaran dibanderol puluhan juta rupiah lebih murah ketimbang varian dieselnya.

Baca Juga: Seken Keren: Tergolong MPV Premium, Harga Spare Part Fast Moving Hyundai H-1 Murah! Mulai Rp 30 Ribu

"Harga Hyundai H-1 bekas bermesin diesel harganya bisa selisih sampai Rp 30 juta ketimbang mesin bensin. Selain itu H-1 diesel harga jualnya juga lebih stabil," ujar Joshua Lucky, Marketing showroom mobil bekas SR Auto di Jakarta Utara saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (6/2/2021).

Sementara itu, Boy Hendri selaku owner bengkel spesialis Hyundai Garasi 30 di Jakarta Selatan mengatakan, ada masalah pada Hyundai H-1 bermesin bensin karena faktor kinerja pelumasan yang kurang baik.

"Kalau mesin bensin sebenarnya enggak terlalu banyak masalah, dibanding diesel yang agak spesial perawatannya. Cuma kami pernah menangani Hyundai H-1 bensin yang setang pistonnya bengkok karena menghantam blok mesin. Itu karena oli mesinnya enggak naik," sebutnya saat ditemui GridOto.com, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Seken Keren: Naksir Hyundai H-1 Diesel? Perhatikan Jenis Solar Yang Cocok, Efeknya Fatal!