Siap-siap! ETLE Bakal Diberlakukan di Jabar Dalam Waktu Dekat, Baru Dua Wilayah Ini Saja

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 31 Januari 2021 | 20:45 WIB

Ilustrasi kamera ETLE. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Bagi para pengendara kendaraan, baik motor mapun mobil, yang berdomisili di Jawa Barat (Jabar) sepertinya harus lebih waspada.

Pasalnya, Polda Jabar berencana untuk memberlakukan penilangan elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sesegera mungkin.

Rencana ini dipersiapkan menyusul adanya langkah reformasi yang akan dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terkait penilangan kendaraan.

Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, pihak kepolisian saat masih melakukan persiapan untuk memberlakukan ETLE.

Baca Juga: Sudah Ada Tiga Kamera ETLE di Kota Semarang, Kapan Mulai Difungsikan?

"Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa di-launching. Dengan tilang elektronik ini memang nanti tidak akan ada petugas yang menilang," ujar Eddy, dikutip GridOto.com dari Tribunjabar.id, Minggu (31/01/2021).

Eddy menambahkan, sejumlah daerah di Jabar diketahui sudah mulai menyiapkan sarana dan prasarana untuk pemberlakuan ETLE nantinya.

"Software dan perangkat kerasnya sedang disipakan, termasuk pelatihan anggota. Di beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap," jelasnya.

Kabarnya pemberlakuan ETLE di Jabar baru bisa dilakukan di beberapa wilayah saja.

Baca Juga: Setiap Hari 600 Lebih Pelanggar Tertangkap Kamera ETLE, Ini Caranya Mengurus Tilang Elektronik