Sedang Tren Mangkuk Ganda CVT Motor Matic Berwarna, Ada Pengaruhnya?

Muhammad Farhan - Senin, 23 November 2020 | 11:40 WIB

Ilustrasi mangkok ganda CVT berwarna merah (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Sedang tren mangkuk ganda transmisi CVT motor matic berwarna karena dicat, apakah ada pengaruhnya ketika dipakai?

Mangkok ganda adalah salah satu bagian penting yang fungsinya sebagai penerus tenaga mesin ke roda belakang motor matic.

Penasaran, memang apa sih tujuan dan pengaruhnya kalau mangkok ganda CVT motor matic dicat?

“Sebenarnya tren ini asalnya dari motor matic drag race, karena kebanyakan boks CVT nya juga sudah dipotong dan terbuka sehingga terlihat bagian dalamnya dari luar,” buka Griyan Kedia, owner bengkel 126 Project di Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu! Dua Hal Ini Yang Menyebabkan Spul Motor Gosong

Karena bagian dalamnya terlihat, pewarnaan di mangkuk ganda tersebut tujuannya supaya tampil beda dan menarik perhatian.

Meski begitu, banyak pengguna matic meniru hal tersebut bahkan mangkok ganda yang dicat juga ditawarkan oleh beberapa produsen part aftermarket.

Shopee
Mangkok ganda matic dicat warna abu metalik

“Untuk pengaruhnya enggak ada. Meskipun sedikit menambah bobot karena cat, mangkuk ganda yang dicat ini biasanya juga sudah dilubangi supaya enteng,” jelasnya.

Jika bagian yang dicat hanya bagian luar memang enggak ada pengaruhnya, kemudian bagaimana kalau bagian dalam mangkuk ganda ikut dicat?

Baca Juga: Kabel Kopling Sering Putus Meski Baru Diganti, Bisa Jadi Ini Penyebabnya