Kemenperin Apresiasi AMMDes yang Turut Berperan Dalam Pencegahan Covid-19

Naufal Shafly - Senin, 16 November 2020 | 14:20 WIB

Ilustrasi. AMMDes Water Tank dipakai untuk menyemprot cairan disinfektan. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), yang turut berperan dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

KMWI memang aktif menjalin kerja sama dengan Kemenperin, untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar lingkungan perusahaan KMWI dengan menggunakan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Sterilisasi ini mencakup enam lingkungan Rukun Warga (RW), yang meliputi lebih dari 5.500 penduduk di Desa Karang Asam Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

"Kami bangga terhadap AMMDes selaku karya anak bangsa, yang memiliki beragam fungsi, hingga mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” tutur Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier dalam keterangan resminya, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Ingin Jadi Pemain Kunci Industri Kendaraan Listrik Dunia, Kemenperin Dorong Investasi Baterai

AMMDes yang digunakan adalah pengembangan dari unit water tank, yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Taufiek menegaskan, pihaknya aktif mendorong pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini.

Misalnya ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di dalam negeri.

“Jadi, memang dibutuhkan kegiatan riset terus menerus sehingga bisa menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri kita. Tujuan utamanya adalah pemerataan ekonomi dan pembangunan di daerah, serta meningkatkan produktivitas masyarakat dan pelaku usaha,” paparnya.

Baca Juga: Kemenperin Targetkan Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Mencapai 20 Persen di 2025

Sebab di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, pelaku industri dituntut agar bisa lebih efisien dalam proses produksinya.

Untuk itu, AMMDes diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan bagi pelaku industri Tanah Air dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru sebagai imbas pandemi Covid-19.

Kemenperin
Ilustrasi Alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes).


“Kami optimistis, AMMDes mampu menjawab persoalan itu karena alat multifungsi ini menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui dengan kendaraan besar,” ujar Taufiek.

Presiden Direktur KMWI, Reiza Treistanto, menyampaikan terima kasih kepada Kemenperin yang telah mendukung upaya perusahaan untuk berkontribusi menjalankan program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga: Tesla Berencana Bangun Pabrik di Indonesia, Ini Kata Kemenperin

Salah satu langkah strategisnya adalah melakukan alih fungsi AMMDes water tank sebagai alat penyemprot cairan disinfektan.

“Kami bersama Kemenperin telah menjalin kerja sama dengan baik melalui pengembangan AMMDes yang dapat dimanfaatkan masyarakat di berbagai daerah. Contoh lainnya, seperti AMMDES ambulance feeder di Lebak, Banten dan AMMDes pasca-panen pisang di Tanggamus, Lampung,” sebutnya.

Saat ini, AMMDes memiliki tingkat komponen lokal yang cukup tinggi hingga 70 persen.

KMWI telah menyatakan siap memproduksi massal dengan total kapasitas 6.000 unit per tahun.

“Secara teknis, kami sudah melalukan berbagai pengujian sehingga dari kualitas sudah laik digunakan,” pungkasnya.