Peringati Hari Listrik Nasional ke-75, Kementerian ESDM Resmikan 3 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik

Wisnu Andebar - Selasa, 3 November 2020 | 15:56 WIB

SPBKLU di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-75, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan tiga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Selasa (3/11/2020).

SPBKLU pertama dikelola oleh Grab Indonesia dan Kymco yang berlokasi di Kantor PLN UP 3 Cikokol, Tangerang.

Kedua, berada di Alfamart Gandaria 3 Jalan Jatayu, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dan dioperasikan oleh Oyika.

Serta di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan tepatnya di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, yang dikelola oleh Ezyfast dan Oyika.

Baca Juga: Modal Google Maps, Nekat Cari SPLU Buat Ngecas Motor Listrik Gesits. Endingnya Begini!

Dengan begitu, saat ini tersedia sembilan titik lokasi SPBKLU, di antaranya enam unit di Kota Jakarta Selatan, satu unit di Kota Tangerang, dan dua unit di Kota Tangerang Selatan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, operasional SPBKLU ini merupakan komitmen Kementerian ESDM dalam mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019.

Wisnu/GridOto.com
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana resmikan tiga Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) secara virtual.

"Dalam melaksanakan salah satu ketentuan Perpres tersebut, Kementerian ESDM mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM nomor 13 tahun 2020 tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," kata Rida dalam konferensi video, Selasa (3/11/2020).

Menurutnya, dalam peraturan itu diatur infrastruktur pengisian kendaraan bermotor berbasis baterai terdiri atas dua jenis.

Baca Juga: Motor Listrik Makin Diminati Warga, PLN Bali Siapkan 127 SPLU

Pertama ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), kedua Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Istimewa
SPBKLU di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Rida menambahkan, melalui SPBKLU pengendara motor listrik dapat menukar baterai lama dengan baterai yang sudah terisi dari rak penyimpanan, sehingga tidak tidak perlu menunggu lama.

"Hanya membutuhkan waktu penukaran sekitar tiga menit," pungkas Rida.