Seken Keren: Sokbreker Depan Mazda Biante Sering Rembes, Segini Biaya Servis di Bengkel Spesialis

Wisnu Andebar - Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:21 WIB

Ilustrasi Mazda Biante Bekas (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Mengaspal di Tanah Air sejak 2012, Mazda Biante seken bisa menjadi salah satu pilihan di segmen Medium MPV.

Namun, sebelum memboyong pesaing dari Toyota Voxy dan Nissan Serena ini, kaki-kaki menjadi salah satu bagian yang tidak boleh luput untuk diperiksa.

Agung Rinaldi, Owner bengkel spesialis Mazda, Rayna Motor Depok mengatakan, sokbreker bagian depan Mazda Biante kerap bermasalah.

"Sokbreker depan suka rembes olinya, kadang salah satunya, kadang langsung dua-duanya. Kalau sokbreker belakang sih jarang," kata Agung saat ditemui di bengkelnya, Jumat (24/10/2020).

Baca Juga: Seken Keren: Sejarah Singkat Mazda Biante di Indonesia, Cuma 6 Tahun Mengaspal!

Namun menurutnya, biasanya kerusakan terjadi di salah satu sokbreker terlebih dahulu.

"Mungkin awalnya satu yang rusak, tapi karena enggak segera ditangani, jadi merembet keduanya," terangnya.

Wisnu/GridOto.com
Sokbreker depan Mazda Biante

"Biasanya sih di usia mobil menginjak lima tahun, paling cepat ada yang baru tiga tahun mulai rembes oli sokbrekernya," sambungnya.

Pria yang dulunya pernah menjabat sebagai kepala mekanik di salah satu bengkel resmi Mazda ini menyebutkan, penyebab rembesnya oli sokbreker depan Biante juga dipengaruhi oleh kondisi jalan.

Baca Juga: Seken Keren: Ini yang Membuat Suzuki Thunder 250 Masih Diminati Meskipun Umurnya Sudah Dua Dekade Lebih

"Keawetan suspensi juga tergantung kontur jalan, lebih sering ke jalan rusak atau enggak. Nah, itu biasanya mempengaruhi umur partnya," sebutnya.