Seken Keren: Mesin, Kaki-kaki, dan Transmisi Oke, Penyakit Volvo V70 Justru Ada di Bagian Dashboard

Naufal Shafly - Sabtu, 26 September 2020 | 22:15 WIB

Ilustrasi. Bagian interior Volvo V70 generasi pertama (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Hadir di Indonesia sejak 1997-2000, Volvo V70 generasi pertama memiliki suatu penyakit yang bisa terbilang cukup unik.

Jika umumnya mobil lawas memiliki masalah di bagian mesin, kaki-kaki, transmisi, atau bahkan kelistrikannya, Volvo V70 generasi pertama justru punya penyakit di bagian dashboard.

Menurut Oddo Harryson, pemilik Bengkel Spesialis Volvo, Vota Motor, dasbor V70 generasi pertama sering kali pecah, berbunyi, atau bahkan bergoyang-goyang saat dipakai jalan.

Mengapa demikian? Menurut Oddo, ini berkaitan dengan sejarah pemakaian Volvo V70 di ajang balap.

Baca Juga: Seken Keren: Jadi Collector Item, Spare Part Volvo V70 Langka? Harga Fastmoving-nya Mulai Rp 40 Ribuan!

"Zaman dulu, Volvo itu performance-nya lebih banyak ke reli. Nah, mulai model Volvo 850, V70 dan S70, mereka mulai ikut balapan sirkuit," buka Oddo saat ditemui GridOto.com, Sabtu (26/9/2020).

"Nah, saat mulai ikut balapan sirkuit, mereka mulai membangun interior dengan material yang seringan-ringannya, agar bisa lebih cepat dan melindungi pembalap dari benturan benda keras," lanjutnya.

Sayangnya spek interior untuk balap ini dibuat juga untuk produksi massal, sehingga untuk jangka panjang, banyak keluhan konsumen di bagian interior khususnya dasbor.

"Bahkan, separah-parahnya, itu dasbor bisa sampai goyang-goyang saat dipakai jalan. Sementara, sepengalaman saya, gak ada customer Volvo yang memesan atau memperbaiki dasbor, kecuali pemilik Volvo V70 dan S70," jelasnya.

Baca Juga: Seken Keren: Volvo V70 Generasi Pertama, Station Wagon Murah Yang Kini Dijual Rp 50 Jutaan!