Jangan Asal! Begini Cara Simpan Helm yang Jarang Dipakai Saat PSBB

Muhammad Farhan - Kamis, 17 September 2020 | 13:40 WIB

Busa helm dicopot sebelum disimpan (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Lebih sering tergeletak karena jarang dipakai riding, begini cara simpan helm yang tepat ketika jarang digunakan akibat PSBB sedang berlaku.

Sebagai perangkat wajib berkendara, kondisi helm motor perlu diperhatikan supaya fungsinya tetap maksimal saat diperlukan.

Supaya enggak mengalami kerusakan, simak nih cara penanganan helm motor yang tepat kalau jarang di pakai.

“Kalau tidak dipakai dalam waktu lumayan lama, lepas busa atau padding helm dan simpan terpisah dari shell helm,” buka Aditya Wahyu Utama dari 1Ds Solution, spesialis perawatan apparel riding, Petukangan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Banyak Yang Salah, Begini Cara Gurah Mesin Motor Biar Hasil Maksimal

Supaya tidak cepat kempis dan muncul bau tidak sedap, busa dan padding disarankan untuk disimpan terpisah dalam kantong plastik yang bersegel.

“Busa atau padding helm yang sudah dipisah ke dalam kantong tersebut bisa disimpan di lemari atau kotak penyimpanan,” jelasnya.

bukalapak
Ilustrasi rak penyimpanan helm motor

Kemudian untuk shell dan visor helm, cukup letakkan di dalam ruangan yang tertutup dan jauh dari sinar Matahari langsung.

“Shell helm bisa diletakkan di rak atau lemari khusus yang tertutup untuk penyimpanan helm, tujuannya supaya enggak cepat berdebu,” tambah Wahyu.