Mesin Terhitung Bandel, Honda Odyssey Ternyata Punya Beragam Masalah di Bagian Ini! Perbaikannya Habis Berapa?

Harun Rasyid - Senin, 7 September 2020 | 07:40 WIB

Honda Odyssey RB1 bekas (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Bagi yang mencari MPV dengan tingkat kenyamanan dan tampang yang modis, Honda Odyssey lansiran 2004 hingga 2013 bisa jadi pilihan menarik.

Apalagi harga Honda Odyssey berkode bodi RB tersebut, saat ini berada di kisaran Rp 90 juta hingga Rp 250 jutaan, tergantung tipe dan kondisi.

Selain itu, menurut Narosendra Kagungan selaku Mekanik bengkel spesialis Honda, Auto Broundtax Motor (ABM) di Depok, mesin Honda Odyssey berkubikasi 2.400 cc juga terhitung minim masalah.

"Mesin Honda Odyssey ini bandel, kalau ada bagian yang bocor atau rembes hitungannya wajar karena faktor usia. Tarikannya juga cukup bertenaga untuk ukuran MPV," kata Sendra kepada GridOto.com, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga: Seken Keren: Harga Sparepart Fastmoving Honda Odyssey Mulai Rp 40 Ribu, Biaya Servis Rutinnya Cuma Segini Sob!

Namun Sendra menyebut, ada masalah lain yang ia temui selama menangani Honda Odyssey lawas di bengkelnya.

"Biasanya masalah Honda Odyssey lawas ini di bagian kepala radiator yang suka retak atau radiatornya mampet. Biaya ganti kepala bisa Rp 700 ribu sampai Rp 800 ribuan, kalau ganti radiator jarang sih," ujarnya.

Sendra mengungkapkan, masalah Honda Odyssey berikutnya yaitu bagian power steering serta berbagai seal yang mengalami kebocoran.

"Biasanya sih Odyssey tahun tua seperti RB1, ada yang seal pompa dan rack steering di power steering mengalami kebocoran oli. Power steering Odyssey kan masih pakai hidrolik belum yang elektrik (EPS)," sebutnya.

Baca Juga: Seken Keren: MPV Premium Murah Meriah, Harga Honda Odyssey Kini Mulai Rp 90 Jutaan Sob!

"Servis power steering biayanya Rp 2 jutaan, kalau sealnya saja kalau pakai yang lokal Rp 700 ribuan, Original bisa Rp 1,2 jutaan," lanjutnya.