Penipuan Bekedok Lelang Mobil Mengintai, Begini Modus Pelaku Jebak Korban

M. Adam Samudra - Senin, 27 Juli 2020 | 19:05 WIB

Ilustrasi lelang mobil (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Seiring berkembangnya teknologi dan masifnya adopsi smartphone, kejahatan siber seakan sulit dihindarkan. 

Berbagai kasus penipuan melalui pesan WhatsApp kini mulai jadi sasaran empuk pihak yang tidak bertanggung jawab atau oknum nakal.

Tujuannya ingin membajak akun pengguna, mendapatkan datanya, lalu memangsa korban lain yang ada di dalam kontak tersebut untuk meminta uang, pulsa, bahkan hingga menawarkan lelang mobil.

Hal itulah yang sempat dirasakan oleh Heri Kuswanto, ia mengaku namanya telah menjadi korban pencatutan pelaku untuk menipu saudaranya atas nama Teodorus Herutomo.

Baca Juga: Penalti Menanti Yamaha Kuasai 2 Seri Awal MotoGP 2020

"Jadi ada saudara saya yang memberi tahu bahwa dirinya sedang ditipu dengan modus lelang mobil dari salah satu dealer yang sedang mengalami kebangkrutan. Modusnya pun melalui pesan Whatsapp yang menggunakan foto profil saya yang dia ambil dari Facebook," kata Heru saat dihubungi GridOto.com, Senin (27/7/2020).

"Beruntungnya saudara saya mengkonfirmasi terlebih dahulu, sehingga tidak menjadi korban penipuan oleh pihak yang tak bertanggung jawab," sambungnya.

Screen shoot Whatsapp Teodorus Herutomo
Hasil percakapan penipu lelang mobil

Sebelumnya, dalam isi pesan tersebut pelaku mencoba meyakinkan korban dengan berpura-pura menanyakan kabar hingga berdalih mengganti nomor handphone.

Setelah berhasil meyakinkan korban, pelaku mulai menawarkan info mengenai lelang mobil dari hasil sitaan dealer yang telah alami kebangkrutan.

Modus penipuannya pun termasuk unik, yakni dengan mengirimkan price list lelang mobil mengatasnamakan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Lelang.