Pembebasan Lahan Tol Kertosono-Kediri Jatim Sudah Selesai, Target Bakal Rampung Tahun 2022

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 28 Juni 2020 | 21:00 WIB

Ilustrasi pembangunan jalan tol. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Dikabarkan Jalan Tol Kertosono-Kediri, Jawa Timur (Jatim) sudah siap untuk mulai dikerjakan.

Pasalnya, tahap pembebasan tanah untuk pembangunan Jalan Tol Kertosono-Kediri sudah dikatakan selesai.

Dengan begitu, proyek jalan tol sepanjang 21-22 Km tersebut akan memasuki tahap persiapan konstruksi dan perancangan DED (Detail Engineering Design).

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Segmen Binjai-Langsa Aceh Berlanjut, Sudah Sampai Tahap Pematokan Lahan

Sedikit informasi, jalan tol ini nantinya akan menghubungkan jalur tol Kertosono ke arah Kediri yang bakal menunjang keberadaan Bandara Kediri.

"Proyek ini sudah masuk dalam putusan PSN (Proyek Strategi Nasional) dan sudah disetujui. Jalan tol ini yang akan menghubungkan ke Bandara Kediri," jelas Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, Sabtu (27/06/2020), dilansir GridOto.com dari Surya.co.id.

Gatot menjelaskan, pengerjaan jalan tol ini ditargetkan selesai akhir tahun 2022 atau paling lambat triwulan pertama tahun 2023 yang terbilang hampir bersamaan dengan rampungnya pembangunan Bandara Kediri.

Kemudian untuk pembangunan Tol Kediri-Tulungagung saat ini masih dalam tahap usulan.

Baca Juga: Waspada, Rekonstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Masih Berlangsung

"Untuk rencana tol Kediri-Tulungagung masih dalam tahap usulan pembangunan, tapi sudah masuk dalam Perpres," imbuh Gatot.

Pihaknya menambahkan, pendanaan untuk pembangunan Tol Kediri-Tulungagung nantinya akan bersumber dari PT Gudang Garam, sama seperti proyek pengerjaan Bandara Kediri.

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Pembebasan Lahan Selesai, Jalan Tol Kertosono-Kediri Ditarget Rampung Akhir Tahun 2022