Hingga Juni 2020, Daihatsu Belum Produksi Mobil untuk Pasar Domestik. Bulan Depan Bagaimana?

Naufal Shafly - Sabtu, 20 Juni 2020 | 20:05 WIB

Ilustrasi pabrik Daihatsu (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sempat membuat sejumlah pelaku industri otomotif Tanah Air menutup sementara pabriknya.

Namun adanya aturan baru di masa PSBB transisi, beberapa produsen sudah mulai kembali mengoperasikan pabriknya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM), meskipun mereka belum akan memproduksi mobil untuk pasar domestik di Juni 2020 ini.

Baca Juga: Rapor 20 Mobil dengan Wholesales Tertinggi di Mei 2020: Mitsubishi Xpander Bungkam Toyota Avanza, Triton Mengejutkan!

Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, menilai stok di jaringan dealer mereka saat ini masih berada di level aman.

"Juni sebenarnya kami hanya produksi untuk fleet order. Untuk yang sudah confirm, kami akan berkomitmen, jika stoknya tidak ada maka kami pasti akan suplai," ucap Amel saat konferensi pers virtual, Jumat (20/6/2020).

Selain untuk memenuhi pesanan fleet, Amel juga menjelaskan jika Daihatsu hanya memproduksi kendaraan untuk pasar ekspor.

Itu pun tidak bisa dilakukan dengan optimal, karena adanya aturan protokol kesehatan yang harus dijalankan.

Baca Juga: Masih Andalkan Stok di Dealer, Honda Kembali Perpanjang Masa Penutupan Pabrik

Misalnya larangan seluruh karyawan masuk bekerja secara bersamaan.

"Mulai Juli, karena masih ada protokol kesehatan PSBB, kami masih produksi dengan satu shift, dan itu juga cuma 40-50 persen, karena secara regulasi, pabrik tidak boleh semua karyawannya masuk," kata Amel.