Mika Lampu Mobil Jadi Buram dan Menguning, Ini Dia Penyebabnya

Radityo Herdianto - Senin, 15 Juni 2020 | 11:00 WIB

Lampu depan mobil bekas bisa menguning atau buram kalau sering dijemur (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Selain dari sumber cahaya bohlam, mika lampu menjadi bagian penting untuk memancarkan sinar lampu mobil.

Kerap kali terjadi, mika lampu mobil akan menjadi buram dan menguning selama pemakaian mobil.

Inilah yang menjadi penyebab utama mika lampu buram dan menguning sehingga mengganggu pancaran sinar lampu mobil.

"Pertama karena air, baik setelah cuci mobil atau terkena hujan ada air yang dibiarkan lama menempel di permukaan mika," buka Stefanus Yoga, pemilik workshop detailing Detailworks Motospa, Tangerang Selatan kepada GridOto.com.

Menurut Yoga, kotoran atau debu dari udara sekitar bisa dengan mudah menempel dan tercampur di dalam air yang masih ada di permukaan mika.

Dio / GridOto.com
Lampu depan mobil sering kali buram dan menguning

Baca Juga: Isi Ban Mobil dengan Nitrogen dari Kompresor, Begini Penjelasannya

"Campuran kotoran dan air ini akan membekas membentuk bercak atau flek setelah mengering sendiri, disinilah awal mula bercak jamur bisa tumbuh," tekan Yoga.

"Kedua, proses mika menguning didukung oleh faktor cuaca yang menciptakan proses oksidasi di permukaan mika lampu," lanjut Yoga.

Yoga menyinggung, mika lampu mobil menguning bisa lebih cepat terjadi bagi pemilik mobil yang lebih sering memarkirkan kendaraannya di tempat terbuka.

"Paparan panas dari sinar matahari mempercepat penguapan air sehingga langsung meninggalkan bekas jika tidak dikeringkan segera,"

"Cuaca panas dingin yang bikin lembab juga membuat bercak jamur mudah menjalar dan mengering sehingga menjadi kusam dan kuning," tutur Yoga.